Friday, June 15, 2007

Pencerahan

Salam Dahsyaaat Kepada Semua JAVAers:

Hidup dijaman sekarang penuh banyak tantangan dan perubahan. Dan dunia ini kadang terlalu kejam buat siapapun yang tidak SIAP menghadapinya.
Kesiapan ini berarti terus menerus menambah pengetahuan dan ketrampilan kita. Begitu pun hal yang terjadi pada JAVA sebagai perusahaan, kalau kita siap maka dunia akan menjadi lebih bersahabat. Kalau kita tidak merencanakan PERSIAPAN kita sendiri yang sebaik-baiknya dan melaksanakannya dengan baik pula, kita sendiri yang akan menanggung segala akibatnya.

Genderang perubahan sudah di tabuh semenjak Agustus 2006 lalu. Dan Puncaknya pada peringatan Dasawarsa kita Nopember 2006 lalu.

Dengan tim yang kuat, Visi misi dan strategi yang kuat, JAVA pasti bisa melewati tantangan-tantangan dengan baik. Pada kesempatan ini saya menghimbau supaya semua individu-individu JAVA, hendaknya bangun dari lamunannya. Mulailah bermimpi dan bekerjalah yang sebaik-baiknya guna mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.
Sejak kapan kita sudah tidak mempunyai mimpi maupun cita-cita lagi? Seperti kata pepatah, Anak kecil lah yang mempunyai mimpi-mimpi besar. Setelah beranjak dewasa, dengan segala tantangan dan perubahannya, mimpi-mimpi tersebut tahun demi tahun sirna. Sampai akhirnya tua dan mimpi-mimpi hanya akan terkubur bersama ajal.

Kita dalam lingkup perusahaan, mempunyai mimpi JAVA, yang sudah tercantum dalam visi misi kita. Dan saya yakin, semua individu di JAVA pun mempunyai mimpi-mimpi nya sendiri. Satukanlah mimpi tersebut supaya dalam perjalanannya kedua visi misi baik perusahaan maupun individu dapat di capai bersama-sama sekaligus. Visi misi kita, dan 12 strateginya akan kita jalankan tanpa ada kecualinya. Dan saya ingin menggaris bawahi bahwa kita akan semakin dekat dengan realisasi " perusahaan milik karyawan JAVA ".

Gerakan ini tidak akan STOP. Dan yang pasti dan jelas, gerakan ini akan meninggalkan mereka-mereka yang tidak mau berubah, yang bekerja untuk kepentingan sendiri, yang bekerja untuk dunia nya sendiri (seolah-olah tidak ada orang lain yang membutuhkan hasil kerjanya jadi bisa bekerja asal-asalan), yang tidak bisa bekerja dalam 12 kultur Java, yang tidak bisa bekerja dengan memahami dan sesuai visi misi JAVA dan 12 strateginya. Bagi mereka semua ini. Maafkan saya. Saya tidak bisa membantu apa-apa lagi.

Kalau pekerjaan anda baik hanya untuk Saya pribadi : Farry, pastinya ada yang salah. Pekerjaan kita harus baik dan berguna bagi department-department yang lain. Bagi orang-orang lain yang kelihatannya sangat tidak penting, yang suaranya dan permintaannya seolah-olah ditelan bumi, padahal mereka meneriakan permintaan-permintaan pelanggan. Bagi Pelanggan-pelanggan kita. Mereka tidak pernah melihat kita, tapi mereka melihat dan merasakan pengalamannya melalui produk-produk kita hasil dari tim produksi kita, melalui servis-servis kita, melalui Sales-Sales kita.

Tim Eksekutif sudah terbentuk: Pak Edwin, ibu irma, pak Daniel, pak Yoga dan Pak toni. Saya yakin tidak semuanya sempurna. Saya yakin banyak lagi yang mampu masuk dalam criteria tim eksekutif. Kita harus berjalan cepat, Jangan buang-buang waktu. Tim ini harus terbentuk lebih kuat, lebih solid, dan lebih cepat lagi. Dibutuhkan idea-idea, dibutuhkan disiplin, di butuhkan managerial dan leadership skill. Pantang menyerah, maju terus. Teruslah belajar. Teruslah bergerak.

Insya Allah, Uang 300 juta / bahkan lebih akan terkumpul pada akhir agustus 2007 ini. Dan kita akan memulai suatu sejarah baru. Daya entrepreneurship akan di uji. Saya tidak ingin ada yang tertinggal dalam perubahan Java ini. Semua jawabannya ada pada masing-masing diri sendiri. Bisakah kita menjadi lebih berguna bagi tim kita? Bisakah kita melakukan perubahan cara kerja kita yang berakibat hasil yang lebih baik buat perusahaan kita? Bisa kah kita melakukan perubahan kerja kita supaya Delivery kita meningkat.? Quality meningkat? Kesalahan di kurangi? Bisakah kita menjadi tim player? Maukah kita menjadi leader dan manager yang handal? Mulai baca bukunya dan praktekan. Banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain. Dan untungnya seperti Brian Tracy, seorang praktisi ternama di bidang Marketing dan Kesuksesan berkata " Semua Skill dan Pengetahuan itu bisa di pelajari dan di dapat". Dan syarat utamanya satu: " Siap membayar berapapun besar Pengorbanannya"

Jangan katakan kita tidak bisa dan kita tidak tau. Itulah jawaban dari kita-kita yang tidak bertanggung jawab pada masa depan kita sendiri. Sangat berat untuk JAVA menarik kita-kita semua. Tapi sangat mudah kalau semua dari kita berkontribusi, dan mengangkat JAVA.

Terima kasih semuanya,

Dan See YOU at the TOP ( bertemu Anda ketika anda Sukses). Amin.











No comments: